Selasa, 15 Januari 2013

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Buah sawo ( Manilkara zapota ) diperkirakan berasal dari Yucatan dan sekitarnya di Meksiko bagian selatan. Yang kita tahu, buah sawo dimakan sebagai buah segar. Ternyata di Kepulauan Bahama buah sawo dibuat menjadi sirop, di Florida ada pie sawo, dan di Crescent Place, Trinidad, ada wine (anggur) berbahan baku buah sawo. Konon rasanya sungguh lezat.

Manfaat buah sawo bagi kesehatan: karena mengandung tanin, buah sawo yang muda bisa direbus dan airnya diminum untuk menghentikan diare. Juga bisa membantu mengatasi gangguan pada paru-paru.

Air seduhan daun sawo yang sudah agak tua atau semacam teh diminum untuk mengobati batuk, demam, diare dan disentri. Biji buah sawo yang sudah dihancurkan memiliki sifat diuretik (peluruh kencing) serta bisa dijadikan obat tradisional penyakit batu ginjal dan penyakit batu kandung kemih.

Ekstrak biji buah sawo ini dikawasan Yucatan dipakai sebagai penenang atau obat tidur. Biji buah sawo juga bisa dilumatkan dan dioleskan untuk mengatasi gigitan atau sengatan binatang berbisa.

Kandungan zat aktif buah sawo: tanin, gula, asam askorbat, karbohidrat, serat.

Ingat: biji buah sawo mengandung saponin yang bisa menyebabkan sakit perut.

Sawo yang siap dikonsumsi adalah sawo matang. Buah mentah tidak enak dimakan karena keras. Rasanya pahit dan kelat disebabkan tingginya kandungan tanin dan kaustik. Sawo yang berkualitas baik adalah sawo yang empuk dan berwarna coklat tua.

Masalah bentuk dan besarnya tidak jadi masalah, yang terpenting kulitnya harus mulus. Jangan memilih sawo yang ada luka, goresan, atau lubang sekecil apa pun. Selain itu, jangan memilih sawo yang memiliki bekas getah di bagian kulit. Sawo yang kulitnya cacat punya daging bagian bawah yang rusak atau keras.


sumber: disarikan dari berbagai sumber


manfaat sawo
manfaat buah sawo bagi kesehatan
manfaat sawo mentah
jenis jenis sawo
manfaat buah sawo
manfaat sawo untuk kesehatan
manfaat sawo bagi kesehatan
manfaat sawo bagi kehamilan kesehatan
manfaat sawo belanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar